Selasa, 23 Oktober 2012

Membangun Wireless Network


jaringan komputer yang berskala besar seperti dalam suatu jaringan corporate atau enterprise tentulah harus didesign dan dikelola oleh para ahli dalam bidang jaringan dan security. Akan tetapi untuk keperluan jaringan kecil di rumah dan kantor kecil, anda bisa melakukannya sendiri dirumah.
Keuntungan Jaringan Wireless


Jaringan wireless mempunyai keuntungan yang nyata: tapa kabel, walau sebenarnya ada jaringan kabel yang terlibat didalamnya. Secara umum suatu jaringan komputer mempunyai keuntungan diantaranya sebagai berikut:
  • Memungkinkan kita sharing sambungan internet dengan beberapa komputer
  • Sharing sebuah printer yang bisa diakses rame-rame lewat jaringan tanpa harus mengantri – just send data untuk di print dan selebihnya system yang akan mengatur antriannya.
  • Dengan adanya jaringan wireless anda bisa browsing internet dari mana saja dirumah selama masih dalam jangkauan wireless – tanpa kabel, bisa di pinggir kolam, di gazebo, di pendopo anda, atau di teras (rumahnya kayak yang di sinetron).
  • Dengan jaringan wireless, anda bisa membuat panggilan telpon Skype gratis ke seluruh dunia tanpa harus menghidupkan komputer anda.
  • Dengan jaringan anda bisa bermain game multiplayer online
Untuk merealisasikan membangun wireless network di rumah, anda membutuhkan perangkat berikut:

1. Sebuah modem Cable atau DSL modem tergantung layanan broadband internet yang anda punya dari ISP anda, tentunya yach akses internet / berlangganan dari ISP anda.
2. Sebuah router yang juga berfungsi sebagai firewall dengan dual-fitur NAT dan SPI. Network Address Translation (NAT) untuk menyembunyikan jaringan private anda dari internet, sementara SPI sebagai filter untuk menyeleksi kalau ada intruder yang masuk ke jaringan private anda. Hal ini untuk melindungi / setidak nya menekan segala jenis ancaman dari internet.
3. Sebuah wireless access point, yang akan menjebatani atau me route traffic dari Wireless LAN ke “wired” LAN dan sebaliknya.
4. Wireless adapter di komputer untuk melakukan koneksi ke jaringan wireless network melalui Wireless Access Point.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar